5 Macam Labu Yang Biasa Digunakan Untuk Masakan

source gambar : tanihub.com

Ada cukup beragam macam labu yang dapat diolah menjadi hidangan masakan yang enak-enak dan menyehatkan. Terdapat beberapa masakan yang memakai labu seperti sop, sayur lodeh, dan sebagainya. .

Labu yang biasa dipakai mungkin adalah labu siam, tetapi bukan hanya labu siam saja jenis labu yang bisa kita temukan di pasar. Kalian bisa ikuti ulasan di bawah ini untuk mengenali jenis labu yang dapat digunakan untuk memasak makanan sehat di rumah.

  • Labu Siam

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu labu yang paling umum yaitu labu siam. Labu yang satu ini memiliki rasa yang mirip mentimun dengan tingkat kerenyahan dagingnya yang sama renyah dan kerasnya dengan mentimun tersebut.

Kulit labu siam berwarna hijau dengan daging yang berwarna putih. Kalau di Amerika, maka labu siam diolah dengan memakai rempah dan bubuk cabai. Kalau di Indonesia, kita mungkin sudah banyak yang tahu kalau labu siam diolah dengan memakai kuah santan gurih.

Bukan hanya itu, labu siam juga biasa menjadi lalapan rebus.

  • Labu Parang

Selain labu siam, ada juga yang namanya labu parang. Labu ini merupakan labu kuning dan biasanya dimasak untuk menjadi bahan isian kolak. Biasanya labu parang mempunyai ukuran lebih besar jika dibandingkan ukuran jenis labu lainnya.

Di samping itu, labu parang mempunyai warna orange mencolok. Jenis labu ini juga dikenal biasa diukir menjadi ornamen Halloween. Bukan hanya labu parang dimasak menjadi isi kolak saja, labu yang satu ini juga dapat dikukus serta dijadikan bahan bubur MPASI. Hal ini tidak  lepas karena tekstur labu parang yang lembut.

  • Labu Jepang/ Kabocha

Selanjutnya ada labu kabocha yang berbentuk bundar, kulit labu ini berwarna hijau tua dengan daging yang berwarna oren. Daging kabocha bertekstur keras dan labu kabocha kalau di Jepang biasa dimasak dengan memakai balutan tepung dan digoreng menjadi hidangan tempura.

Jika di Indonesia, maka kobucha sering digunakan menjadi pewarna adonan misalnya untuk kulit klepon. Hal tersebut dikarenakan labu kabocha bisa memberi warna yang mencolok.

  • Labu Madu

Labu yang lainnya adalah labu madu atau butternut squash. Labu yang satu ini merupakan labu musim dingin dengan rasa yang gurih dan manis. Ada banyak sekali olahan yang bisa dibuat dengan labu madu seperti misalnya puding, bubur MPASI, kue lumpur, kue bolu dan olahan lainnya. .

  • Labu Air

Jenis labu yang terakhir adalah labu air. Bisa dibilang labu air ini merupakan labu yang gampang ditemui. Labu air umumnya dimasak menjadi bahan isian lodeh, sayur bening atau pun masakan yang berukuah santan.

Kulit labu air berwarna hijau, sementara daging labu air berwarna putih. Biasanya labu yang satu ini mempunyai bentuk lonjong dan memanjang. Tetapi ada labu air yang memiliki bentuk seperti bohlam.

Secara garis besar, itulah beberapa macam jenis labu yang perlu kita ketahui. Di pasaran, kita bisa memilih sendiri ingin membeli labu jenis apa saja. Kalau anda bingung membeli labu lewat mana, maka bisa coba secara online yang pastinya lebih memudahkan.

TaniHub misal yang merupakan aplikasi dan web e-commerce yang selalu menyediakan hasil panen segar, dan berkualitas terbaik termasuk juga menyediakan ragam labu dengan kualitas terbaik. Hasil panen berkualitas tersebut yang langsung dipanen dari petani lokal Indonesia dan terjamin kesegarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *