Pentingnya Check Indikator Bahan Bakar Sebelum Menggunakan Mobil

Bergabunglah Menjadi Teman TREVO! - TREVO Stories ID
source gambar : tstories.trevo.id

Suka nunggu tangki habis baru isi bensin? Wah, ada baiknya kamu perlu mengatur keuangan dengan baik karena biaya perbaikan mobil yang tinggi menanti kamu. Hal ini terjadi sebab tangki bahan bakar yang kosong akan mengumpulkan banyak udara dalam mesin.

Nah, ini akan membuat mesin ngadat dan juga bekerja ekstra. Belum lagi residu pembakaran dan bahan bakar yang akan ikut pada proses penggunaan mesin. Ini akan memperburuk kondisi mesin mobil layanan pesan mobil maupun mobil pribadi kamu.

Pengisian bahan bakar yang dianjurkan adalah sebelum jarum indikator bahan bakar menyentuh satu garis akhir tanda bahan bakar habis. Nah, pada indikasi ini kamu harus cepat isi bahan bakar dan jangan membuatnya habis bahkan kering.

Mungkin bila mesin mobil kamu menggunakan karburator, kamu masih bisa mendorongnya untuk bisa berjalan. Namun, hal tersebut akan menjadi sulit bila kamu menggunakan mobil pribadi atau mobil pesan mobil dengan tipe injeksi.

Mobil dengan tipe injeksi sendiri cenderung lebih sensitif. Dimana bila mobil injeksi kehabisan bahan bakar maka mobil ini akan menjadi sulit dihidupkan kembali mesinnya. Nah, bila kamu dalam kondisi ini terlalu sering, dikhawatirkan mesin akan cenderung mudah rusak.

Sebab, mesin harus bekerja keras untuk menghilangkan angin dan juga melakukan pembakaran kembali. Ini akan membebani mesin mobil pribadi atau pesan mobil kamu.

Ada baiknya bila melakukan perjalanan, kamu selalu check terlebih dahulu keadaan bensin kendaraan. Bila sudah menunjukkan terisi setengah dan kamu akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk melakukan pengisian bensin terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi mobil kehabisan bensin ditengah jalan. Apalagi jika jalan yang dilalui tidak ada SPBU terdekat.

Selain memperhatikan ketersediaan bensin, kamu juga perlu memperhatikan juga jenis bensin yang digunakan untuk berkendara. Ada baiknya memberikan mesin mobil bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Seperti mesin Electric Fuel Injection yang butuh bahan bakar jenis Pertamax dan Common rail yang butuh Pertamina Dexlite. Dengan memperhatikan baik jenis bahan bakar dan ketersediaannya, dijamin mesin mobil akan awet dan nyaman digunakan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *