Bayar Pajak Motor Secara Online Khusus Untuk Warga DKI Jakarta

Kabar yang sangat menggembirakan bagi Anda para warga yang tinggal di kota Jakarta yang ingin membayar pajak motor, saat ini Anda tidak usah datang langsung ke kantor samsat karena sudah ada cara bayar pajak motor online. sebagai warga yang baik pastinya Anda ini harus taat kan membayar pajak.

Pajak kendaraan motor ini sangat wajib Anda bayar satu tahun sekali ke kantor Sistem Adminidtrasi Manunggal Satu Atap atau lebih sering dikenal dengan samsat. Di saat situasi pandemic yang masih Anda, pemerintah menyediakan pembayaran pajak secara online.

Kehadiran fasilitas yang satu ini menjadikan Anda tidak usah lagi datang ke samsat, dengan begini jika jadwal tagihannya sudah dekat dengan jatuh tempo Anda tidak akan kebingungan lagi. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai cara bayar pajak motor secara online untuk wilayah Jakarta.

Bayar Pajak Motor Online Menggunakan Si-Ondel untuk daerah Jakarta

Ternyata membayar pajak secara online ini tidak haya bisa dilakukan melalu e-samsat saja, tapi khusu untuk warga yang tinggal di DKI Jakarta bisa juga menggunakan aplikasi yang namanya Si-Ondel. Si-Ondel ini merupakan kepanjangan dari Samsat Online Delivery, apliasi yang satu ini adalah aplikasi khusus untuk bayar pajak motor tahunan online untuk warga DKI Jakarta.

Bayar pajak motor menggunakan aplikasi yang satu ini bisa dilakukan dengan transfer bank. Tersedia pilihan bak yang sudah bekerja sama dengan aplikasi ini diantaranya ada:

  1. Bank DKI
  2. Bank BNI
  3. Bank Bukopin
  4. Bank BTN
  5. Bank BRI
  6. Maybank
  7. Bank Permata
  8. Bank Mandiri
  9. Bank BCA.

Aplikasi yang satu ini baru bisa digunakan di smartphone yang berbasis Android saja, jadi untuk aplikasi yang berbasi iOS aplikasi ini belum bisa digunakan karena tidak tersedia di Appstore. Yuk langsung saja kita simak bagaimana cara bayat pajak menggunakan aplikasi yang satu ini:

  • Langkah pertama sebaiknya lakukan dulu registrasi dan bayar pajak motor melalui E-samsat milik DKI
  • Jika sudah membayar Anda bisa melakukan order pengiriman untuk TBPKP melalui aplikasi si Ondel ini ke alamat manapun yang Anda inginkan.
  • Lalu nanti kurir dari si Ondel ini akan mengambil orderannya dan mencetak TBPKP milik Anda di samsat Drive Thru paling dekat.
  • Kemudian kurir ini akan langsung mengantar TBPKP dan juga stiker ke alamat tujuan
  • Jika Anda sudah menerima TBPKP dan juga stiker nanti kurir akan mengscan QR Code yang ada di smartphone Anda.

Pembayaran pajak ini harus Anda lakukan sesuai dengan peraturan yang sudah ada, karena jika Anda terlambat pastinya Anda akan mendapatkan sanksi atau bisa juga denda, ini dia beberapa sanksi yang bisa Anda dapatkan:

  • Bagi Anda yang telat bayar pajak selama hitungan hari atau maksimal satu bulan Anda ini harus membayar denda sebesar 25%.
  • Jika Anda terlambat selama 2 bulan maka Anda harus membayar denda dengan hitungan PKB x 25% x 2/12 di tambah lagi dengan denda SWDKLLJ
  • Jika Anda terlambat selama 6 bulan maka Anda harus membayar denda dengan hitungan PKB x 25% x 6/12 di tambah lagi dengan denda SWDKLLJ
  • Jika Anda terlambat bayar 1 tahun maka Anda harus membayar denda dengan hitungan PKB x 25% x 6/12 ditambah dengan SWDKLLJ

Nah itu dia penjelasan mengenai pembayaran pajak motor secara online yang bisa dibahas pada artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.